Cash For Work Program

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Saat ini kita dapat merasakan bahwa perkembangan teknologi maju sangat pesat, tidak hannya diperkotaan bahkan sampai ke plosok pedesaan, itu dapat diartikan berarti dari masa ke masa teknologi terus berkembang ke arah yang lebih canggih. Perkembangan ini didasarkan dari inovasi dan kreativitas manusia. Mengutip dari buku Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (2012) karya Nuryanto, contoh perkembangan teknologi bisa dilihat dari perbedaan penggunaan alat pada zaman dulu dan masa sekarang.

Oleh karena perkembangan teknologi ini yang harus di ikuti oleh semua orang baik di perkotaan maupun di pedesaan maka KEMENDES republik indonesia bekerja sama dengan UNDP indonesia melakukan pilot project yaitu menerapkan sebuah sistem kedalam program unggulan KEMENDES, sistem yang di maksud yaitu Cash For Work (CFW) dan kami PT INDOTECHSA di tunjuk oleh UNDP Indonesia untuk menjadi konsultan IT dari acara/ event Pilot Project tersebut, tugas kami yaitu melakukan sosialisasi try and aror untuk sistem CFW yang UNDP miliki.

Acara tersebut diadakan pada tahun 2021 dan lokasi yang di pilih untuk Pilot Project ini oleh KEMENDES yaitu di sulawesi selatan tepatnya di Desa Bora selama kurang lebih 3 bulan, yang kami lakukan di sana melakukan pengenalan program tersebut kepada masyarakat dan user di sana, melakukan pendampingan selama 3 bulan dan melakukan 3 buah pertemuan untuk menganalisa perkembangan project ini. Cash For Work (CFW) sendiri merupakan sebuah program yang dapat kita gunakan untuk sebuah project pekerjaan, jadi di sini KEMENDES Mengeluarkan biaya untuk sebuah peyek pekerjaan kemudian pekerjaan tersebut akan tersistem di aplikasi CFW dan pusat dalam artian KEMENDES disini dapat melihat progres pekerjaan dari berapa pekerja yang terlibat biaya hariannya sampai pembiayaan project tersebut. Cash For Work Sendiri berjalan di sistem oprasi Windows dan android.

Berita Terbaru